Cara Melihat Ban Mobil Sudah Tidak Layak Lagi Di Pakai

    Ban Mobil merupakan salah satu bagian komponen kendaraan yang berperan penting untuk menjaga Keselamatan bagi setiap pengendara nya, Ban Mobil yang menjadi suatu peranan penting. Seharusnya bagi pemilik kendaraan harus bisa bagaimana Cara Melihat apakah Ban Mobil masih Layak untuk di pakai.

   Dan Wajib untuk Melihat Ban mobil Sudah Tidak Layak Lagi Di Pakai, adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik kendaraan tersebut untuk Selalu melakukan pengecekan. Apabila kendaraan masih menggunakan Ban yang sudah tidak layak untuk di pakai, tidak bisa di tolerin lagi. Untuk di gunakan, baik saat perjalanan dalam Kota maupun Luar Kota. Kendati Ban Mobil adalah suatu Hal yang sangat Fatal.

 Cara Melihat Ban Mobil Sudah Tidak Layak Lagi Di Pakai

Melihat profil pada kembang Ban Mobil, jika sudah Aus atau Menitipis, merupakan Ban Mobil tersebut sudah tidak layak lagi untuk di pakai. Profil Ketebalan Ban yang sudah Menitipis jika di Pakai. Akan Berdampak sekali, Ban Mudah tergelincir di saat melalui Jalan Yang berbasah. Kendati daya cengkram Ban sudah mulai Berkurang di saat Pengemudi hendak melakukan Pengereman.

Coba kita mengingat Lebih awal, di saat pemakaian Ban dalam kondisi Ketebalan yang masih Bagus, pasti kita merasakan Ban mempunyai Daya cengkram sangat Bagus terhadap permukaan jalan. Sehingga lapisan pada Ban yang terbilang Bagus, mampu memberikan suatu tindakan Keaman yang Prima bagi Pengemudinya.


Terdapat tanda Segitiga, Lihat pada bagian samping Ban pada Bagian ujung bawah profil Ketebalan Ban. Lalu kita lihat Tanda dalam bentuk Segitiga, lalu kita lihat lurus sampai bagian belahan garis Kembang Ban, Nanti terdapat sebuah tonjolan lapisan karet berbentuk Kotak kecil. Berfungsi sebagai tolak Ukur pada Kembang Ban, apabila kembang Ban tinggi nya sudah Rata dengan " sebuah tonjolan lapisan karet berbentuk Kotak kecil " tersebut. Menandakan Ban Tersebut sudah dalam Batas Pemakaian Ban.

Pada umumnya dengan cara tersebut, melihat Tanda atau sebuah Simbol ( Segita ). Dalam bahasa Internasional nya disebut T.W.I " Tread Wear Indikator " memang sudah menjadi Standar Operasional Prosedur oleh setiap Pabrikan Ban, baik Ban untuk kendaraan Roda Empat maupun Roda Dua. Guna nya untuk Memaksimalkan Batas pemakaian pada Ban.


Hindarkan pemakaian Ban Mobil yang sudah Retak pada Stuktrur lapisan luar Ban , Meskipun Profil pada Kembang Ban masih Tebal. Dengan cara melihat Titik Baca dari sebuah tanda Segitiga, seperti panduan di atas ( TWI ).

Sebuah Ban yang sudah Retak pada Stuktrur lapisan, baik di bagian Tengah ( Beat ) maupun pada Bagian Samping ( Sadewall ), arti nya komponen atau Struktur pada bagian Ban nya Sudah tidak layak lagi di pakai. Mengingat dalam memproduksi sebuah Ban dengan menyatukan dari Beberapa Tahapan penyatuan beberapa Lapisan menjadi satu.

Selain masalah yang dihadapi untuk Ban Mobil yang sudah Retak, terjadi pembesaran pada Pori pori Ban tersebut. Sehingga tekanan Angin akan cepat sekali, sering Berkurang. Jika Normalnya tekanan Angin yang berkurang dalam Satu Bulan sekali hanya ? Tiga atau Empat Psi dari standar pemakaian.

Berbahayanya dalam pemakaian Ban Mobil yang sudah Retak, sering sekali terjadi Pecah Ban secara tiba tiba, di dalam perjalanan.

Umur usia Ban Mobil, juga menjadi Batas pemakaian. Padasar nya pengontrolan Ban Mobil wajib di Periksa dengan Rutin dan Memastikan Secara keseluruhan dalam Setahun sekali Oleh Ahli nya. Meskipun Ban masih dalam kondisi tebal, dan Umur usia Ban sudah melebihi Batas Maksimum. Ban tersebut tidak menjanjikan di pakai dalam kondisi yang Baik.

Baca Juga : Tips Ganti Velg Mobil Biar Lebih Kece

Batas Maksimum Lima Tahun penggunaan Ban pada umumnya ( kondisi Ban masih Tebal ) kualitas Ban pasti nya sudah Berkurang, sehingga tidak menjamin Ban tersebut dalam kondisi baik jika tetap di pakai. Karena Ban di buat dari Campuran material Karet, dengan Umur usia yang akan berkelanjutan ke tahun tahun berikutnya akan mengurangi Penurunan pada Kualitas Karet Ban tersebut.

Penurunan Sifat pada Kualitas Karet Ban tersebut Seperti : Berkurang nya Daya Elastisitas, Kelenturan terhadap Ban sudah Kurang Baik, Material Karet Akan mudah Panas, Ban Akan Mudah Retak.

Penting nya mengenali Cara melihat Ban Mobil sudah tidak Layak lagi di pakai, adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik kendaraan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel